Foto saya
Dr. Nurkhalis Mukhtar, LC., MA
Banda Aceh, Aceh
Ketua STAI Al-Washliyah Banda Aceh - Penulis Buku MEMBUMIKAN FATWA ULAMA

Tentang Penulis

Sekilas tentang Penulis.


Lahir dari sebuah keluarga yang menjunjung tinggi nilai keislaman, namanya Nurkhalis  Muchtar anak dari Drs H Mukhtar Jakfar dan Nurhayati binti Mahmud. Mengawali pendidikan formal, ia belajar di SD Negeri Ladang Neubok, Tsanawiyah di SMP Cotmane, dan menyelesaikan di MTsN Blangpidie. Setelah menyelesaikan Tsanawiyah dan Ibtidaiyah di Abdya, ia kemudian merantau ke Banda Aceh dan melanjutkan pendidikan aliyahnya di MAS Ruhul Islam Anak Bangsa yang ketika itu masih di Lampeneurut.

Setelah menyelesaikan pendidikan di MAS RIAB, ia berangkat ke Bekasi Jawa Barat dan belajar di STID Mohammad Natsir pada jurusan Dakwah (KPI). Setahun ia di Bekasi, kemudian pulang dan melanjutkan di UIN Ar-Raniry pada jurusan Bahasa Arab. Pada tahun 2006 ia lulus beasiswa ke Mesir dan menyelesaikan Strata Satunya di Universitas Al Azhar Kairo Mesir pada tahun 2010 pada jurusan Hadits dan Ulumul Hadits. Kemudian melanjutkan pendidikannya pada Program Pascasarjana UIN Ar-Raniry konsentrasi Fiqih Modern dan selesai di tahun 2014 sebagai salah satu lulusan terbaik. Terhitung awal 2015 sampai akhir 2017 mengambil S3 di Universitas Bakht al-Ruda Sudan dan selesai di tanggal 10-10-2017 dalam usianya genap 31 tahun dengan nilai maksimal. Disela-sela penelitian S3, ia sempat mengenyam pendidikan di Pascasarjana IIQ Jakarta selama setahun pada kajian Al Qur'an dan Hadits.

Selain sentuhan pendidikan formal, Nurkhalis Muchtar juga pernah mengenyam pendidikan di beberapa pesantren, di antaranya adalah: Rumoh Beut Wa Safwan, Pesantren Nurul Fata dan Babul Huda Ladang Neubok, Dayah Mudi Cotmane, ketiganya masih di wilayah Aceh Barat Daya. Sambil mengikuti kuliah di Banda Aceh pada jenjang S2, ia sering mengikuti pengajian pagi di Dayah Ulee Titi, dan pernah mondok di Dayah Madinatul Fata Banda Aceh. Selain itu ia juga pernah belajar dan mengajar di Dayah Terpadu Daruzzahidin Lamceu dan Dayah Raudhatul Qur'an Tungkob Aceh Besar. 

Setelah menyelesaikan pendidikan dan belajarnya di lembaga-lembaga tersebut, sekarang Nurkhalis Muchtar mendarmabaktikan ilmunya sebagai dosen dan pengajar di kampus negeri dan swasta, serta sebagai ustad di majelis-majelis taklim yang diasuhnya dalam pengajian TAFITAS Aceh, dan ia juga tercatat sebagai Ketua STAI al-Washliyah Banda Aceh, terhitung 2018 sampai sekarang. Selain itu, ia juga mulai berdakwah melalui tulisan, dan telah terbit beberapa tulisannya dalam bentuk buku dan karya ilmiah lainnya. Salah satu buku yang ditulisnya adalah Membumikan Fatwa Ulama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Abu Hasballah Indrapuri; Ulama Ahli Al-Qur’an dan Pendiri Madrasah Hasbiyah Indrapuri.